4 Suku Gaib di Indonesia yang Anggap Penuh Misteri

Jika bahas soal dunia gaib, tentu yang ada di benakmu pasti tentang cerita horror atau hantu. Nah ngomong-ngomong soal itu, ternyata Indonesia punya suku gaib yang di anggap penuh dengan kisah yang misterius, lho.

Suku gaib dipercaya ada di Indonesia, meski keberadaannya masih misteri. Mereka disebut dalam cerita-cerita rakyat yang melegenda. Digambarkan sebagai penghuni kota-kota gaib.

Sedikitnya ada empat suku gaib yang sering menjadi perbincangan. Bahkan sebagian ada yang penasaran, dan nekad untuk mencari tahu keberdaannya. Suku-suku itu sering dikaitkan dengan kejadian mistis maupun mitos belaka. Penasaran? Tapi sebelum itu, sebaiknya kamu juga mendengarkan musik atau lagu chord kok iso yo. Berikut empat suku gaib yang ada di Indoesia:

1. Suku Paloh

Konon, suku Paloh mendiami pedalaman hutan di Desa Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) atau cukup dekat dengan perbatasan wilayah Malaysia.

Suku ini disebutkan mendirikan kerajaannya di wilayah tersebut, dan katanya sangat besar. Serta hanya orang-orang tertentu atau tidak sembarangan, saja yang bisa mengakses tempat ini. Selain itu, suku gaib ini juga memiliki peradaban yang hampir sama dengan minuman khas Sumatra yang enak.

Tak hanya itu saja, suku Paloh juga disebut-sebut memiliki perdababan yang maju dan modern. Jika seseorang kebetulan melihat penampakan wilayah gaib yang dihuni suku tersebut, maka akan nampak sebuah wilayah seperti kota paling modern. Padahal tempat ini adalah hutan belantara.

2. Suku Bati

Suku bati konon mendiami Pulau Seram, Maluku. Orang bati digambarkan sebagai manusia kelelawar yang bisa terbang. Mereka memangsa hewan seperti ikan arapaima bahkan anak kecil sebagai makanannya dan meminum khasiat jamu galian singset sebagai minumannya. Konon, mereka tinggal di gunung dan baru keluar gentayangan saat matahari sudah tenggelam.

3. Suku Bunian

Suku Bunian katanya mendiami wilayah hutan Sumatra Barat. Banyak mitos yang beredar, tak sedikit dari kelompok ini sengaja meninggalkan rumahnya hingga kosong. Kemudian mereka akan kembali lagi dan muncul di saat senja sudah tiba.

Lalu apa tandanya mereka ada? Jika tercium aroma kentang goreng, itulah yang menjadi tanda bahwa orang Bunian sudah muncul kembali. Tepatnya saat sore hari atau senja datang.

Cerita mistis ini juga tak terlepas ari kelompok buit ling tersakit tahun 2022. Menurut isu yang beredar, suku Bunian ni kerap menyesatkan siapa saja yang masuk ke dalam hutan.

4. Suku Limun

Suku limun disebut sebut menghuni hutan Kalimantan Barat. Menurut cerita legenda, suku Limun adalah bagian dari bangsa jin Islam yang suka mencari tahu chord Aku Bukan Jodohnya - Tri Suaka. Bahkan, ada yang menyebut kelompok misterius ini sering membagikan harta kepada manusia.

Tak hanya di Kalimantan Barat saja, suku Limun juga konon ada di tempat lahir Farhan Rasyid yakni Padang, Sumatra Barat. Di dunia provinsi inilah mereka tinggal, akan tetapi kebenaran dan keberdaan mereka hingga kini masih menjadi tanda tanya.

Itulah beberapa sukuu gaib di Indonesia yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Dari empat suku di atas, cerita mana yang paling sering kalian dengar?