Daftar Lengkap Marga Suku Batak Toba

Batak adalah suku Indonesia yang mendiami wilayah Sumatera Utara. Suku ini punya banyak keunikan yang menjadikannya cukup populer di tanah air.

Suku Batak merupakan suku terbesar ketiga yang ada di Indonesia, setelah Suku Jawa dan Sunda. Batak sendiri terbagi enam sub-suku, yaitu Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Diantara suku-suku lainnya yang ada di Indonesia, suku Batak mempunyai banyak keunikan, yang menjadi pembeda dengan suku lainnya.

Salah satu keunikan suku Batak yang sudah diketahui secara luas oleh masyarakat Indonesia adalah marga. Marga menjadi identitas orang Batak yang digunakan sebagai tanda kekerabatan. Marga ini akan disematkan sebagai nama belakang keturunan orang Batak dan digunakan sebagai penentu dalam partuturan.

Tak hanya itu, marga juga punya peran penting dalam hal pernikahan orang Batak. Suku ini melarang keras laki-laki dan perempuan semarga untuk menikah, karena marga yang sama berarti satu keturunan.

Hal inilah yang menyebakan orang Batak selalu lebih dulu mencari tahu marga dan menentukan partuturan sebelum memulai hubungan dengan lawan jenisnya.

Batak Toba

Batak Toba adalah sub-suku Batak yang mendiami wilayah sekitar Danau Toba, mulai dari Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, kemudian ke Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Sebagian lagi tersebar di Kota Sibolga, Kota Pematang Siantar, Kota Medan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Deli Serdang, dan sekitar provinsi Sumatra Utara.

Masyarakat Batak dikenal dengan sifatnya yang suka merantau, sehingga tidak sulit untuk menemukan sesame orang Batak di provinsi lain di Indonesia. Tak sekedar merantau, banyak orang Batak yang sukses dalam berbagai bidang. Ada yang menjadi penyanyi seperti Judika Sinaga, kemudian ada yang menjadi pengacara seperti Hotman Paris Sitompul dan masih banyak lainnya.

Marga-marga Batak Toba

Batak Toba punya banyak marga yang tergolong banyak. Dimana setiap marga punya sejarah dan garis keturunan masing-masing.

Namun perlu diketahui, setiap sub-suku Batak punya marga yang berbeda-beda loh. Jadi pastikan dulu margamu termasuk dalam Batak yang mana.

Berikut ini uraian lengkap marga-marga dalam Batak Toba:

- Aruan

- Batubara

- Butarbutar

- Baringbing

- Doloksaribu

- Dabukke

- Banjarnahor

- Damanik

- Gultom

- Galingging

- Hutagaol

- Hutahaean

- Hutajulu

- Hutapea

- Hasibuan

- Hutasoit

- Manurung

- Marpaung

- Manik

- Manullang

- Manihuruk

- Nadapdap

- Napitupulu

- Naipospos

- Nainggolan

Nadeak

- Napitu

- Nababan

- Naiborhu

- Purba

- Pangaribuan

Panjaitan

- Pardede

- Pardosi

- Pohan

- Pasaribu

- Panggabean

- Rumapea

- Rumahorbo

- Sitohang

- Situmorang

- Sarumpaet

- Siagian

- Siahaan

- Sialagan

- Sianipar

- Sibarani

- Sibuea

- Silitonga

- Silaen

- Simangunsong

- Simanjuntak

- Sinurat

- Sirait

- Sitorus

- Sipahutar

- Simbolon

- Simarmata

- Sijabat

- Sidauruk

- Sitanggang

- Sitinjak

- Samosir

- Sihotang

- Sinaga

- Silaban

- Siregar

- Situmeang

- Tambun

- Tambunan

- Tampubolon

- Tarihoran

- Tamba

Itu dia daftar lengkap marga yang ada di Suku Batak Toba. Jika ada yang masih ketinggalan silahkan tinggalkan komentar, ya.