Adat Istiadat Sunda yang Unik

Adat Istiadat Sunda Jawa Barat yang Unik

Adat Istiadat Sunda Jawa BAdat istiadat sunda Jawa Barat adalah tradisi yang menarik untuk di pelajari. Adat istiadat sunda berlaku untuk kehidupan sosial, seperti saat perayaan acara pernikahan. Semua budaya ini memiliki sejarah yang menguatkan dan berlaku sampai turun temurun.

Ragam tradisi budaya sunda masih terjaga hingga saat ini, seperti Seren Taun, Nyekar dan masih banyak yang lainnya. Yuk simak informasi dibawah ini untuk mengetahui adat istiadat Sunda Jawab Barat yang unik.

Daftar Adat Istiadat Sunda yang unik:

Seren Taun

Adat istiadat Sunda yang pertama berasal dari bahasa sunda yaitu, “Seren” yang memiliki arti Serah, seserahan (menyerahkan).

Kemudian “Taun” artinya Tahun, sehingga Seren tahun artinya memiliki arti serah terima dari tahun lalu ke tahun yang akan datang sebagai bagian dari rasa syukur masyarakat kepada rezeki yang diberi Tuhan Maha Esa atas semua hasil pertanian yang didapatkan.

Seren Tahun dilaksanakan kurun waktu sebagaimana dijelaskan diatas serah terima tahun lalu ke tahun yang akan datang atau saat pergantian tahun.

Saat pelaksanaan acara ini, berbagai makanan khas Sunda akan disajikan dan dinikmati masyarakat bersama-sama.

Tradisi Ngaruwat Bumi

Contoh Adat istiadat Sunda Jawa Barat yang unik selanjutnya ini bisa kita temui di Desa Banceuy, Ngaruwat Bumi. Tradisi ini bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada yang Maha pencinta dan juga bentuk penghormatan kepada leluhur.

Tradisi Ngaruwat Bumi sendiri berasal dari bahasa Sunda “Ngarawat” yang memiliki arti memelihara atau mengumpulkan. Jadi Ngaruwat Bumi dapat diartikan untuk mengumpulkan anggota masyarakat dan hasil bumi, baik bahan mentah, setengah jadi, ataupun yang sudah jadi atau matang.

Tradisi Ruwatan Bumi kampung Banceuy dilaksanakan pada hari bumi akhir bulan Rayagung atau Bulan Dzulhijah atau menjelang dan menyambut tahun baru islam.

Pesta Laut

Tradisi pesta laut tidak terlepas dari contoh adat istiadat sunda yang biasa dilakukan seperti Sungai Bondet tepatnya di Desa Metasinga, Kabupaten Cirebon. Pesta laut ini seperti ritual di laut yang dilakykan oleh para nelayan setiap tahunnya.

Makna dan tujuan adat istiadat suku sunda adalah ungkapan syukur kepada Maha Pencipta atas berkat dan rezeki berlimpah berupa hasil dari tangkapan laut.

Tradisi Malam Takbiran Ngadulag

Macam macam adat istiadat sunda berikut ini erat kaitannya dengan hari raya idul fitri. Tradisi malam takbiran Ngadulag memiliki arti memukul bedug. Kegiatan ini dilakukan saat malam takbiran oleh anak kecil sampai remaja berkeliling sambil memukul bedug untuk menyambut Hari Raya Idul Fitru.

Tradisi Jelang Ramadhan, Nyekar

Tradisi jelang ramadhan, Nyekar banyak dilakukan berbagai suku di Indonesia. Di daerah Jawa Barat sendiri Nyekar artinya tradisi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dimana warga akan berziarah ke makam keluarga.

Nganteuran Tradisi Unik Suku Sunda Jawa Barat

Indonesia kaya akan budaya dan tradisi seperti Nganteuran. Rupa rupa adat istiadat sunda Nganteuran ini dilakukan dengan mengunjungi atau bersilaturahmi dengan membawa masakan rumah di rantang, biasanya adat sitaidat sunda ini dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua.

Adat Istiadat Sunda Jawa Barat yang Unik, Sungkeman

Sungkeman sudah tidak asing lagi diteling kita. Kata Sungkeman memang sudah sangat familiar di Indonesia. Orang-orang akan melaksanakan sungkeman ketika selesai melaksanakan sholat idul fitri. Cara melakukannya adalah dengan saling maaf-maafan sesame keluarga kerabat dan juga kepada orang tua.

Nah itulah tadi adat istiadat suku sunda. Semoga kearifan lokal ini tetap dipertahankan, dipelajari dan diterapkan sampai turun temurun, karena memiliki nilai kehidupan yang baik. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai habis.