Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat, Wajib Cicip Semua

Jawa Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi salah satu tempat wisata populer di Indonesia. Keindahan alamnya akan membius setiap pengunjung yang datang dan membuat enggan pulang.

Bentang alam, budaya dan tradisi lokal, tempat belanja, hingga kulinernya lengkap sekali. Provinsi yang mayoritasnya dihuni oleh masyarakat Suku Sunda ini mempunyai cita rasa lokal yang khas dan beragam.

Seiring dengan penyebaran masyarakat Sunda ke wilayah-wilayah lain di Nusantara, makanan khas daerah ini ikut juga tersebar, sehingga dapat dinikmati di wilayah lain. Namun, menikmati makanan Sunda di wialyah asalnya tentu akan lebih nikmat.

Oleh karena itu, jika anda sedang mengunjungi provinsi Jawa Barat sempatkanlah untuk berwisata kuliner. Berikut beberapa jenis makanan khas Jawa Barat yang lezat dan bisa anda coba waktu berkunjung ke sana.

Karedok

Karedok merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang populer. Bahan utama dalam Karedok adalah sayuran. Sekilas makana ini mirip dengan gado-gado. Namun, karedok menggunakan sayuran mentah, sedangkan gado-gado menggunakan sayuran masak.

Biasanya sayuran yang digunakan dalam karedok adalah kacang panjang, daun kol, tauge (kecambah), kacang tanah, leunca (ranti), ketimun, dan daun kemangi. Lalu, sayuran tersebut disiram dengan bumbu giling yang terbuat dari kacang tanah goreng, bawang putih, cabai, asam, kencur, gula jawa, terasi, dan garam.

Rasanya nggak pelru diragukan lagi, campuran sayuran yang segar dengan bumbu karedok yang gurih, manis, asam, pasti sukses menggoyang lidah dan membuat ingin membuat memesan porsi tambahan.

Tahu Sumedang

Tahu goreng merupakan salah satu makanan yang populer sampai ke pelosok Indonesia. Jawa Barat juga punya kuliner tahu goreng yang khas, yaitu tahu sumedang.

Meski bentuknya mirip dengan tahu goreng biasanya, tahu sumedang ini punya rasa khas yaitu memiliki rasa yang asin dan lebih gurih dan teksturnya yang lembut meskipun digoreng kering. Keunikannya adalah bagian tengahnya yang kopong.

Menikmati tahu ini paling cocok jika ditemani sambal atau cabe rawit pedas, rasanya dijamin nagih.

Tahu Sumedang ini juga biasa dijajakkan oleh pedagang asongan di terminal, stasiun, dan juga tempat-tempat wisata.

Nasi Timbel

Nasi timbel adalah hidangan nasi yang dibungkus daun pisang lalu dikukus hingga empuk. Biasa disajikan bersama ayam goreng, tahu tempe goreng, sayur asem, sambal terasi, dan lalapan. Terkadang, nasi timbel dibakar hingga aroma daun pisang semakin kuat dan menciptakan sensasi tersendiri.

Dulu Kala, nasi timbel adalah nasi yang dulunya dibawa kaum wanita untuk diantarkan kepada para lelaki yang bekerja di sawah dan ladang.

Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan khas Jawa Barat selanjutnya yang harus Anda coba saat berkunjung. Makanan ini merupakan sejenis sup yang berasal dari Cirebon.

Dalam proses pembuatannya, bahan-bahan empal getong, yaitu daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, dan daun jeruk purut, dimasukkan ke dalam sebuah gentong tanah liat yang besar.

Proses memaksanya cukup lama, terkadang sampai 10 jam. Setelah masak, makanan ini akan disajikan bersama nasi.

Makanan-makanan khas Jawa Barat yang disebutkan diatas mempunyai cita rasa enak, tapi dijamin tidak akan membuat uang saku kamu habis Sebab harganya murah dan cocok untuk pelancong dengan modal pas pas-an. Selamat berlibur dan menikmati keindahan Jawa Barat.