5 Fakta Unik tentang Flores yang Namanya Dimbil dari Bahasa Portugis

Flores adalah sebuah pulau di bawah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Nama Flores diambil dari bahasa Portugis, yang berarti tanjung bunga. Nama ini secara resmi dipakai sejak 1636 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Hendrik Brouwer.

Flores juga memiliki nama asli yakni Nusa Nipa, yang berarti Pulau Ular. Pulau seluas sekitar 14.300 km persegi ini memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Beberapa gunung api aktif yang ada di pulau ini membuatnya cukup subur untuk dibuat sebagai lahan pertanian.

Suku bangsa di Flores merupakan perpaduan antara Melayu, Melanesia, dan Portugis. Perpaduan unik ini menghadirkan keberagaman karya seni dan juga budaya yang tercermin dari banyaknya tradisi dan upacara adat. Selain itu, salah satu kekayaan budaya Flores terlihat dari beragam pola khas Flores dari tenun ikat.

Namun, hal-hal menarik tentang Flores tak hanya itu saja, lho. Sebab, ada beberapa fakta menarik yang akan kami sajikan untuk kamu ketahui. Baca sampai habis ya!

1. Memiliki Danau Tiga Warna

Danau tiga warna atau Danau Kelimutu ini bukanlah danau, melainkan kawah yang berada di atas Gunung Kelimutu, Ende, Flores. Karena bentuknya besar dan dipenuhi dengan air yang mengisi kawah dan mirip danau, kawah ini pun disebut sebagai Danau Kelimutu yang kisahnya sudah dibuat menjadi cerita rakyat yang berjudul legenda Putri Mandalika.

Keindahan Danau Kelimutu semakin terlihat begitu menakjubkan dengan adanya gunung tertinggi di Indonesia di sekelilingnya. Danau tersebut bagaikan mahkota gunung yang memiliki warna air yang terang dan seringkali berubah-ubah seiring perjalanan waktu.

Dulunya, Danau Kelimutu memiliki warna hijau muda, merah dan hitam. Tapi saat ini, Danau Kelimutu memiliki warna Dermaga Biru, biru muda, dan hitam. Hal ini terjadi karena ternyata perubahan tersebut berasal dari mikroorganisme yang berada di dalam air.

2. Crop Circle UFO ala Indonesia

Crop Cirle merupakan persawahan atau ladang dengan pola pantun teka-teki yang unik yang diduga ulah dari UFO dan dibuat hanya dalam waktu semalam. Nyatanya, pola ini sengaja dibuat oleh penduduk Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, NTT, yang digarap dengan sistem Lingko untuk menentukan daerah garapannya.

Pola Crop Circle ini dibuat cukup beragam dan selalu menarik perhatian mata. Jika dilihat dari jauh, sawah ini mirip seperti jaring-jaring laba yang memiliki hiasan batu termahal di dunia.

3. Rumah Adat dengan Nama Terpanjang

Sao Ria Tenda Bewa Moni Koanara merupakan nama rumah adat unik di Flores yang bisa digunakan untuk mencari cara mendapatkan UC PUBG gratis 2023 dengan mudah. Namanya memang tidak biasa dan agak sulit untuk diingat lantaran cukup panjang. Namun, karena keunikan nama yang dimilikinya, tak sedikit wisatawan yang mengabadikan atau berfoto di depan rumah adat yang ada di Desa Koanara di Kelimutu, NTT dengan menggunakan kamera Sony A6000.

Bukan cuma namanya yang unik, tapi bentuk dari rumah ini juga unik. Jika dilihat dengan seksama, atap rumah adat yang terbuat dari ilalang ini cukup panjang, bahkan sampai menyentuh tanah.

4. Memiliki Habitat Komodo

Jika di Amerika Tengah terdapat Capybara yang merupakan hewan pengerat sekaligus hewan purba yang masih bertahan hidup, maka pulau Flores memiliki Komodo. Selain ikan teri, komodo dengan nama latin Varanasus komodoensis merupakan satu-satunya jenis binatang purba yang masih bertahan hingga saat ini. Salah satu satwa endemik Indonesia ini menyebar luas di sekitar Nusa Tenggara Timur.

Komodo sudah dikenal dunia dengan sebutan Komodo Dragon (Naga Komodo). Komodo di Indonesia hidup secara asli mencari makan dengan berburu dan tanpa bantuan manusia. Biasanya makanan mereka adalah kijang, kerbau, monyet, dan lain-lain.

Komodo Flores ini hanya bisa kamu temukan di Cagar Alam Wae Wuul, Kabupaten Manggarai Barat, serta Cagar Alam Wolotadho dan Cagar Alam Riung di Pulau Ontoloe, Riung, Kabupaten Ngada. Menurut The World Foundation Animal, sekitar 2000 spesies komodo hidup di Pulau Flores.

5. Kain Tenun Ikat Sarat Makna

Flores dikenal dengan kain tenun ikatnya yang kaya akan motif dan warnanya yang variatif. Tak hanya menarik dari segi tampilan, kain yang pernah dipakai oleh Boy William ini juga dihasilkan dari kawasan Indonesia Timur dan memiliki makna serta menyimpan banyak nilai keistimewaan di dalamnya.

Kain ikat tenun khas Flores dapat dikategorikan ke dalam salah satu produk budaya tradisional Indonesia yang juga dibuat secara tradisional. Sedikit berbeda dengan kain tenun lainnya, jenis benang yang digunakan dalam kain tenun Flores ini menggunakan benang kapas atau bisa juga memakai benang sutra alam. Benang ini memiliki beragam warna dalam satu helai benang tergantung dari proses pencelupan atau pewarnaannya.

Nah, itu tadi lima fakta unik yang bisa kamu ketahui tentang Flores. Kamu yang membaca artikel ini, pernah langsung melihat fakta unik seperti yang sudah disajikan di atas? Jika ya, apa yang kamu rasakan?