Suku Dari Sumatera Barat

Sumatera Barat dikenal dengan suku nya yang beragam, mulai dari suku pendatang sampai dengan suku aslinya. Apa saja itu?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai suku dari Sumatera Barat. Yuk langsung disimak ya.

Suku dari Sumatera Barat

1. Suku Mentawai

Nah suku yang satu merupakan salah satu suku yang ada di Sumatera Barat. Suku ini dianggap menjadi salah satu suku yang sangat menarik karena mereka dikenal dengan kehidupannya yang tidak tersentuh dengan modernitas dan hidup di pedalaman.

Pada umumnya mereka banyak dijumpai di kepulauan Mentawai. Kepulauan ini terdiri dari banyak pulau, namun hanya tiga pulau saja yang berpenghuni, yaitu Pulau Siberut, Pulau Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

Masyarakat suku Mentawai memiliki rumah adat yang khas, desainnya cukup mirip dengan rumah adat Sumatera Barat. Mereka memiliki tiga jenis rumah adat, yaitu Lalep, Uma, dan Rusuk.

Salah satu rumah adat nya yang terkenal adalah rumah adat Uma. Rumah ini merupakan rumah dengan ukuran yang besar yang dihuni 3 sampai 5 keluarga.

Pada umumnya Uma juga kerap digunakan untuk menyimpan benda-bendar pusaka dan juga sebagai tempat pelaksanaan pertemuan ataupun upacara adat.

Untuk rumat tradisonal yang berikut nya adalah rumah dengan ukuran lebih kecil yang hanya dapat ditinggali oleh satu keluarga atau pasangan yang telah menikah secara adat. Sedangkan rusukn rumah ini sering digunakan sebagai tempat khusus untuk menampung orang-orang yang diusir dari kampung.

Makanan pokok yang disukai oleh masyarakat suku Mentawai adalah sagu. Selain sagu mereka juga mengkonsumsi babi hutan, ayam, dan kijang. Hewan-hewan ini mereka dapatkan dengan cara berburu.

2. Suku Kubu

Suku yang satu ini merupakan Suku Anak Dalam di Sumatera Barat yang menjadi salah satu suku pedalaman yang tinggal di kawasan di dalam hutan. Mereka sangat suka hidup secara berpindah-pindah dari satu hutan ke hutan yang lainnya. Mereka umumnya berpindah-pindah dari satu hutan ke hutan lainnya.

Namun, baru-baru ini beredar informasi mahwa berapa kelompok suku kubu ini sudah mulai tinggal secara menetap dan tidak tinggal di hutan lagi.

Secara umum suku ini banyak ditemui di daerah Jambi, namun mereka juga telah menyebar hingga ke beberapa wilayah di Sumatera Barat.

3. Suku Minangkabau

Nah suku yang satu ini menjadi suku mayoritas di Sumatera Barat. Masyrakat suku ini banyak ditemui hamper diseluruh wilayah di Sumatera Barat.

Mayoritas masyarakat menganut agama Islam dan mereka dikenal sangat taat dan rajin beribadah. Bahkan jika ada orang Minangkabau yang keluar dari islam, maka dia juga dianggap bukan lagi merupakan anggota suku Minangkabau.

Selain dikenal dengan masyarakat nya yang taat beribadah, suku ini juga memiliki berbagai jenis kesenian tari yang sangat terkenal, seperti Tari Piring, Tari Pasambahan, Salawat Dulang, Randai, dan Silek.

Bahasa yang digunakan masyarakat ini untuk berkomunikasi adalah bahasa Minangkabau. Bahasa ii sering disebut mirip dengan bahasa Melayu, namun jika lebih diperhatikan lagi, kedua bahasa ini mempunyai banyak perbedaan, yang membuat nya terlihat sama adalah dari segi logat nya.

Untuk rumah adat, suku ini mempunyai rumah tradisional yang sering dikenal dengan rumah Gadang.

Terdapat beberapa suku yang masuk kedalam nenek moyang suku Minangkabau, yaitu sebagai berikut ini.

1. Suku Sakai

Suku yang satu ini merupakan salah satu suku yang hidup di pedalaman hutan. Suku ini dianggap sebagai salah satu keturunan dari suku Minangkabau. Sampai saat ini, mayoritas suku Sakai hidup di hutan-hutan pedalaman Riau.

2. Suku Kerinci

Suku yang satu ini banyak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Keberadaan mereka tepat di perbatasan antara Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Sehingga mereka masih dapat dikatakan sebagai salah satu Suku di Sumatera Barat. Suku ini juga merupakan salah satu suku tertua di Indonesia.

3. Suku Talang Mamak

Suku yang berikut nya adalah sukuMamak, dimana suku ini merupakan salah satu suku yang berasal dari Sumatera Barat. Akan tetapi saat ini mereka lebih banyak berada di Provinsi Riau, tepatnya di Indragiri.

Suku Talang Mamak berasal dari Pagaruyung, sebuah kerajaan yang pernah berdiri di Sumatera Barat. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa tradisonal, yaitu bahasa talang mamak.

Sedangkan sitem kepercayaan yang dianut oleh mereka adalah kepercayaan Animisme, yaitu percaya pada kekuatan benda-benda ghaib. Beberapa diantara suku ini juga ada yang beragam islam.

4. Suku Malayu

Suku malayu dapat dikategorikan kedalam suku Minangkabau. Masyarakat suku ini mengaku bahwa mereka adalah orang minang dan berbeda dengan suku melayu di Riau, suku melayu di Jambi, maupun Melayu di Malaysia. Hanya saja mereka memiliki adat dan tradisi yang sedikit berbeda dengan suku Minangkabau.

5. Suku Bonai

Untuk suku yang terakhir adalah suku bonai, yang mana suku ini hidup di peraian disekitar sungai Rokan.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai suku dari Sumatera Barat. Semoga penjelasan kita kali ini dapat menambah wawasan kalian ya. Terimasih sudah mengunjungi blog ini.