Jajanan Pasar Khas Jawa Barat

Berburu jajanan pasar adalah salah satu hal yang wajib dilakukan saat berbelanja ke pasar tradisional. Ada banyak sekali jajanan pasar yang populer mulai dari kue basah, kue kering, bahkan aneka gorengan. Rasanya juga beragam mulai dari yang manis, asin, hingga pedas.

Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang menjadi surganya jajanan pasar. Sehingga berburu jajanan harus ada dalam daftar kegiatan yang harus dilakukan saat berada di provinsi yang beribu kota di Bandung ini.

Biar nggak penasaran, berikut ini adalah rekomendasi jajanan khas Jawa Barat yang wajib kamu tahu:

Batagor Bandung

Siapa sih yang tak tahu Batagor Bandung? Jajanan khas Bandung ini dijual hingga ke pelosok Indonesia. Jajanan ini terbuat dari bakso dan tahu yang digoreng, sehingga namanya disingkat menjadi Batagor.

Makanan khas Bandung ini merupakan adaptasi dari makanan Tionghoa ini terbuat darpi daging ikan tenggiri, bakso, dan tahu yang dibalut kulit pangsit dan tahu lalu digoreng.

Dalam penyajiannya, Batagor kemudian dilumuri dengan bumbu kacang yang gurih pedas.

Cilok

Cilok atau aci dicolok merupakan jajanan pasar khas Jawa Barat yang biasanya di jual menggunakan gerobak.

Jajanan enak ini mempunyai tekstur yang kenyal karena terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat, lalu direbus. Seporsi cilok ini biasanya akan disajikan dengan bumbu kacang.

Saking populernya, saat ini telah banyak bermunculan variasi cilok yang baru, seperti Cilok keju, Cilok crispy, hingga Cilok sosis.

Siomay Bandung

Sama seperti Batagor dan Cilok, Siomay juga dapat ditemui di daerah-daerah di luar Jawa Barat. Mulai dari pedagang dengan gerobak, pedagang kaki lima, hingga restoran-restoran juga ada yang menyediakan menu ini.

Makanan ini terbuat dari adonan ayam, ikan, atau udang, kemudian dibungkus menggunakan kulit pangsit. Kemudian dikukus dengan berbagai bahan pelengkap, seperti telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, peria dan kubis, agar dapat disajikan dalam kondisi hangat

Surabi Bandung

Kuliner tradisional ini merupakan salah satu penganan khas kota Bandung yang dibuat dari campuran bahan utama tepung beras dan santan kelapa.

Bentunya mirip dengan pancake, tetapi Surabi di buat dengan di bakar di atas tungku cetakan tanah liat. Panganan ini memiliki tekstur lembut dan rasa gurih yang selalu menggugah selera.

Jika dulu surabi Bandung hanya memiliki dua varian rasa, yaitu rasa manis dengan saus kinca (air gula aren) dan rasa asin dengan bumbu oncom atau taburan oncom pedas diatasnya, kini surabi sudah berinovasi menjadi kuliner kekinian dengan berbagai jenis saus dan toping yang menemaninya.

Combro

Jajanan khas Jawa Barat selanjutnya terbuat dari adonan singkong yang diparut, yaitu Combro. Adonan singkong tersebut akan dibentuk menjadi bulat dan di tengahnya di isi dengan tumisan oncom yang gurih dan pedas.

Setelah berbentuk bulat dengan sempurna, adonan ini akan digoreng hingga kecoklatan. Rasnya yang gurih membuat makanan ini menjadi salah satu jajanan pasar yang populer.

Odading

Odading adalah jajanan khas Bandung pernah viral karena promosi menarik yang dilakukan oleh salah satu penjualnya. Makanan ini merupakan roti goreng empuk yang mempunyai rasa manis.

Odading memiliki nama lain kue goreng, kue bantal, atau bolang baling. Makanan ini banyak dijual di mana saja.

Jajanan-jajanan pasar khas Bandung yang disebutkan di atas wajib kamu cicipi saat berada di kota asalnya, meskipun kamu sudah sering memakannya di daerah lain.